Mempunyai Usaha Tanpa Legalitas, Apa Resikonya? / 

Konsultan Ijin Usaha

Dalam membentuk sebuah bisnis atau usaha tentu bukan hal yang mudah, selain kita harus memiliki pandangan baru legalitas usaha & kreatifitas kita juga wajibmemiliki suatu legalitas. Aspek legalalitas merupakan pondasi menuju perusahaan yg kuat, yg seharusnya dipatuhi bukan dihindari. Legalitas yg dimaksud tidak hanya dengan mendirikan badan bisnis atau badan aturan saja namun juga soal menyoal tentang mengurus dokumen legalitas buat aktivitas berusaha.

Di Indonesia masih ada beberapa dokumen legalitas perusahaan yang harus dimiliki perusahaan, diantaranya :Akta Pendirian Usaha

Akta pendirian perusahaan merupakan galat satu dokumen yang dibuat oleh Notaris sebagai langkah awal buat mendirikan perusahaan. Pada dasarnya, akta pendirian berisikan nama badan usaha, kapital, jenis bisnis, loka kedudukan usaha, susunan pengurus, dan hak & kewajiban masing-masing pihak dalam badan usahaNomor Pokok Wajib Pajak Badan Usaha

Selayaknya orang langsung, sebuah perusahaan pula mempunyai kewajiban buat mengurus pajaknya, mulai menurut menghitung, membayar & melaporkan pajak. NPWP badan bisnis juga sebagai keliru satu dokumen wajibyang sebagai syarat ketika ingin mengurus legalitas lain misalnya SIUP, Rekening Perusahaan, Pengajuan modal ke bank.Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

SIUP merupakan surat izin yang dikeluarkan Pemerintah Daerah pada pengusaha buat dapat melaksanakan usaha di bidang perdagangan dan jasa. Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan No. 46 tahun 2009, terdapat 4 (empat) jenis SIUP yg dibedakan berdasarkan modal yg disetor yaitu :SIUP Mikro, modal disetor tidak lebih dari Rp. 50.000.000,-SIUP Kecil, modal disetor Rp. 50.000.000,- hingga Rp. 500.000.000,-SIUP Menengah, modal disetor Rp. 500.000.000,- hingga Rp. 10.000.000.000,-SIUP Besaar, modal disetor lebih berdasarkan Rp. 10.000.000.000,-Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP)

Sebagai pengusaha yg taat pada aturan dan peraturan yg berlaku, pelaku usaha pula harus mengurus SKDP sebagai surat warta bahwa perusahaan tersebut memiliki domisili pada alamat yg tertera pada SKDP.Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

TDP baru sanggup diurus selesainya pelaku bisnis menciptakan Akta Pendirian, NPWP, SIUP, dan SKDP. Tetapi sekarang  setelah menciptakan akta pendirian bisa pribadi mengurus TDP melalui system Online Single Submissions (OSS) . Tanda Daftar Perusahaan (TDP) sendiri adalah dokumen pengesahan yang menyatakan bahwa suatu usaha telah melakukan kewajiban pendaftaranperusahaan. Berdasarkan Pasal 26 (huruf a) PP 24/2018, TDP diubah dengan Nomor Induk Berusaha (NIB). Artinya, jika Anda telah memiliki NIB yg diurus melalui sistem OSS, Anda secara otomatis telah memperoleh TDP karena NIB berlaku sebagai ratifikasi TDP. Tetapi, dikarenakan masih dalam masa transisi, masih ada pemerintah daerah yang menerbitkan TDP bagi perusahaan, meskipun TDP telah digantikan dengan NIB bila merujuk pada PP 24/2018.Hak tempat sewa Merek (Merek Dagang)

Hak atas merek digunakan buat melindungi merek (nama) berdasarkan barang/jasa. Merek krusial buat dilindungi karena berkedudukan sebagai gambaran produk. Dengan mendaftarkan merek dagang, pelaku usaha sudah melindungi usaha atau bisnis secara hukum untuk menghindari adanya penyalahgunaan oleh pihak yg nir bertanggung jawab.

Di Indonesia masih poly perusahaan yg mengira bahwa mengurus legalitas ini hal yg sangat tempatsewa.web.id sulit dan rumit. Padahal legalitas ini sangat krusial untuk keberlangsungan bisnis atau bisnis yg dijalankan & sebagai modal primer bagi perusahaan buat berbagi usahanya lebih jauh. Badan usaha atau badan aturan yg nir mempunyai legalitas sudah pasti sudah melanggar aturan hukum pada Indonesia dan dikemudian hari akan sangat mungkin menerima beberapa hambatan seperti :Tidak adanya proteksi aturan

Kegiatan bisnis atau usaha dalam awalnya mampu berjalan menggunakan lancer, akan tetapi tidak menutup kemungkinan ditengah perjalanan aktivitas bisnis itu diberhentikan secara tiba-datang sang instansi terkait karena tidak adanya legalitas perusahaan. Maka dengan mengurus dan memiliki dokumen legalitas, kegiatan bisnis akan tercatat dan tersimpan secara resmi sang pemerintah sebagai akibatnya pelaku usaha akan merasa aman lantaran usahanya memiliki proteksi hukum

2. Tidak bisa berbagi bisnis

Dalam berbisnis, perlu adanya bisnis buat memajukan atau mengembangkan bisnis bisnis tadi. Jika ingin melakukan perluasan usaha dari nasional ke internasional, bukti legalitas usaha termasuk izin usaha diperlukan dan harus dimiliki karena itu merupakan kondisi ketika melaksanakan perdagangan ekspor dan impor.

tiga. Sulit mendapatkan bantuan dana

Dalam mengembangkan bisnis, umumnya pelaku usaha membutuhkan bantuan dana baik dari investor ataupun bank. Hal ini sulit dihasilkan bagi perusahaan yg tidak mempunyai legalitas lantaran pengajuan kredit kapital bisnis ke bank membutuhkan surat izin bisnis. Investorpun akan sulit tertarik lantaran merasa usaha yang akan diinvestasikannya tidak aman.

apabila kita mempunyai legalitas pada berusaha, hal itu akan membawa bisnis kita lebih berkembang & terpercaya. Maka berdasarkan itu, segera penuhi legalitas usahamu supaya kenyamanan dan keamanan pada berbisnis pun terjamin. Jika ada yg ingin Anda tanyakan seputar dokumen legalitas, silahkan menghubungi kami buat berkonsultasi. Kami siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.